Mengambil manfaat google maps

Sobat Pratama (23 November, 2017)

Sub Judul : Kreatif dengan google map
Episode: Jalan-jalan dengan google map

Sobat, google maps adalah fasilitas dari mbah google yang sangat berguna bagi umat manusia. Meskipun kadang tidak akurat karena kita bisa saja tersesat karena melewati jalan buntu atau jalan yang tidak bisa diakses, atau sebaliknya mengakses jalan yang tidak ada di google maps. Hal ini sama sekali tidak mengurangi kenikmatan dan kecanggihan fitur-fitur Google Maps atau yang dahulu berada di domain maps.google.com ini.

Google maps, yang sekarang berada di domain https://www.google.co.id/maps/ memiliki fitur canggih berupa street view. Cukup ketika maps.google di browser maka Google Maps akan segera aktif. Fitur street view ini dapat mengakses pengguna jalan yang tershoot camera google sewaktu di ambil gambarnya oleh team dari google.

Untuk dapat menikmati indahnya panorama dunia, kita dapat pergi ke tempat yang kita senangi atau yang orang-orang ceritakan tanpa perlu pergi jauh kesana dan menghabiskan banyak uang. Kita dapat mengklik tempat atau menuliskannya di kolom pencarian.

Jalan-jalan dengan google maps dan mengabadikannya diperlukan paling tidak tiga hal, yang biasanya sudah ada di internet dan komputer (laptop, gadget) kita. Pertama, Jaringan internet. Jaringan internet tentu dibutuhkan untuk dapat mengakses tempat-tempat tertentu atau mencari di bilah pencarian dengan komputer kita. Kedua, Photoshop yang dibutuhkan untuk mengutak-utik agar panorama/ gambar yang kita capture seolah-olah adalah tempat yang kita jelajahi sebenarnya. Ketiga, kesabaran. Dimana kita harus sering berpindah dari browsing ke Maps dengan mengetikkan kata kunci untuk kunjungan kita.

Praktek
Bayangkan kita akan mengunjungi tempat-tempat bersejarah para nabiyullah. Misalnya kita ingin tahu daerah nabi Yunus as. Kita browsing dengan keyword "daerah dakwah Nabi Yunus". Muncul banyak list salah satunya kita klik "http://www.sholihah.web.id/2016/02/kisah-dakwah-nabi-yunus-inilah-7-hikmah.html"
dari situs itu kita baca bahwa "Adalah Yunus bin Matta. Ia telah diutuskan oleh Allah untuk berdakwah kepada penduduk di sebuah kampung bernama Ninawe di daerah Mosul, Irak dimana daerah tersebut dulu masuk dalam wilayah Syam. "

Dengan bekal pengetahuan itu, kita ketikkan di bilah Google Maps "ninawe, iraq" ternyata yang muncul adalah "ninawa, iraq" maka :












kita klik gambar kota mosul didapat gambar kota Mosul ini:
Kota Mosul


Lahan Pertanian di Utara Mosul

dan lets go....plesir ke Iraq,,.yoo huuuuu,,,,,tarik orang-orangan yang ada di bilah kanan bawah ke tempat yang kita ingin kunjungi,,,,,tada,,,,:::

Kota Mosul (Mei 2017)

Pemandangan di daerah Iraq ini ternyata sangat indah bukan? Bagaimana dengan daerah lain? Silakan explorasi sesuai dengan imajinasi kalian semua...


Episode: Melacak Sejarah dengan google map

Mengenai Nabi Yunus ini, banyak hal menarik yang menjadi pertanyaan saya, di laut manakah Nabi Yunus masuk ke perut ikan? karena kota Mosul berada di tengah-tengah daratan. Pertanyaan ini saya cari jawaban lewat google.

Ternyata google map dapat digunakan untuk mencari fakta-fakta sejarah. Dengan pertanyaan laut mana nabi Yunus berada, salah satu situs yaitu "http://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/17/03/22/on7ob9313-di-mana-nabi-yunus-berdakwah" menyatakan bahwa Nabi Yunus berada di Laut Merah.

Apabila kita perhatikan maka letak Mosul dan laut merah adalah sangat jauh. Lebih jauh jika dibandingkan Laut yang dimaksud kejadian Nabi Yunus apabila di laut Teluk Persia. Namun demikian kita akan menelusurinya. Berdasarkan situs republika di atas, didapat kata-kata "Sesaat setelah tiba di tepi pantai (menurut sebagian pendapat, ketika itu Yunus berada di tepi pantai Laut Merah. Namun, sebelum tiba di sini, Nabi Yunus mampir ke Yafa, sebuah kota di daerah Tepi Laut Merah), Nabi Yunus menumpang sebuah kapal." Kita akan mencari adakah kota YAFA di Map?

Masukan keyword YAFA didapat Yafa an-Naseriyye, Israel, sebuah kota di Israel saat ini, atau Yerusalem saat itu. Apabila Nabi Yunus menuju ke kota Yafa, maka kemungkinan besar laut yang dimaksud (dimana) Nabi Yunus masuk ke perut ikan adalah di Laut Tengah, atau laut Mediteran.

Apabila Laut Mediterania adalah laut yang dimaksud maka kita akan mencari tahu apakah ada makhluk laut semacam paus yang hidup di daerah tersebut. Kita akan tanyakan ke Google lagi mengenai hal ini. Kali ini keywordnya adalah "the largest creature in Meditteranian" whoala..., we only got this "https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_fish_of_the_Mediterranean_Sea#Gallery"

Didapat daftar makhluk yang ada di laut Mediterania. Ternyata tidak ada makhluk laut raksasa yang kemungkinan mampu menelan dan menyelamatkan Nabi Yunus.

Kembali ke asumsi Laut Merah sebagai tempat dimana Nabi Yunus mengorbankan diri untuk ditelan ikan. Kita gunakan keyword yang sama untuk mencari makhluk terbesar di laut merah. Nah, ini dia,,,,melalui perantara google ternyata sangat mungkin sekali Nabi Yunus berada di laut manapun di sekitar jazirah arab itu. Kenapa karena melalui Google didapat makhluk terbesar di lautan yang ukurannya dan ukuran kepalanya adalah sepertiga badanya.

Fakta otentik ini menyebutkan dan menunjukkan bahwa kemungkinan besar "NUN" adalah sejenis ikan paus sperma yang besar kepalanya sepertiga dari seluruh badanya. Ikan ini terbesar yang pernah diukur manusia, apalagi jaman dahulu dimana ukuran ikan-ikan dan hewan masih banyak yang berukuran jumbo.

Ukuran perbandingan Paus Sperma dan Manusia (perkiraan):



(((Lanjut...))))
























Komentar

Postingan populer dari blog ini

TO ALL STUDENT OF IKIP PGRI SEMARANG

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PRINTER CANON DAN HP