25 April 2012

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PRINTER CANON DAN HP

CANON PIXMA JENIS MP
SOBAT Bina Pratama dimanapun berada.
Ada banyak hal yang perlu kita ketahui tentang printer. Semua jenis printer memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Tulisan berikut ini akan memberikan sedikit gambaran tentang kelebihan dan kekurangan printer sesuai dengan apa yang diketahui baik secara empiris (pengalaman pribadi) maupun dari berbagai sumber.
Pada kesempatan ini ada dua printer yang kami review, yaitu Canon dan HP. Kedua printer yang kami review berjenis inkjet.

PRINTER CANON
Kelebihan/ Advantage. Printer ini dari tahun ke tahun makin canggih saja. Printer tipe pixma yang terbaru seperti pixma mp-250 misalnya sudah bertambah canggih. Untuk memasang cartridge, kita tidak perlu menunggu "kedatangan" nya di pojok printer sebelah kiri/ kanan atau kanan, cukup posisi di tengah dan dengan di "taruh" kemudian ditutup, klik...beres. Tidak seperti seri-seri sebelumnya yang harus menekan sehingga "klik" untuk dianggap pas. Pemasangan cartridge lebih mudah, yup... ini adalah "kelebihan" pertama dari printer jenis ini. Kelebihan yang kedua adalah hasil cetak tinta orisinilnya yang canggih seperti aslinya. Kemudian yang ketiga, mudahnya diisi ulang/ refill. Keempat, apabila ditutup cover keluaran kertas, dia akan mampu membuka sendiri. Kelima, body printer lebih mudah dibuka untuk dibersihkan atau dipasangi selang pembuangan tinta, pada saat mau dipasang infus (CIS). Keenam, lebih irit memori sehingga lebih cepat untuk mencetak dokumen, sesaat setelah perintah pengeprinan dijalankan. Dan ketujuh, nilai spesial printer ini terletak pada keandalan dan "tidak rewel" bila diisi oleh tinta refill yang sesuai.
Untuk masalah harga? printer ini lebih mahal dibandingkan kompetitornya. 
Kekurangan/ disadvantage. Pertama, printer ini tidak bisa mencetak dengan hanya satu  cartridge terinstall. Kedua, jika diisi refill yang tidak sesuai maka akan mulai muncul kode error pada panel kontrolnya. Ketiga, harus me-reset dengan menggunakan software. Keempat, seperti yang telah kami tulis diatas yaitu harganya yang relatif lebih mahal dibandingkan kompetitornya. Kelima, suara printer ini lebih berisik (meskipun bisa kita menggunakan pilihan quiete agar suaranya menjadi lebih lembut, namun kecepatannya menjadi berkurang). Keenam kita harus menghafal berbagai kode error dan cara mengatasinya jika kita tidak ingin keluar masuk bengkel service.

Printer HP multifungsi
PRINTER HP (Hewlett Packard)
Kelebihan/ Advantage. Printer ini dari tahun ke tahun makin canggih saja, mengikuti kompetitornya. Printer ini bertipe/ berseri deskjet dan sudah bertambah canggih. Yang terbaru sudah menggunakan sistem umpan kertas dari atas, tidak seperti varian sebelumnya yang umpan kertasnya dari bawah. Namun disayangkan tidak seperti kompetiornya yang makin memudahkan users untuk memasang cartridge, makin baru malah HP mengeluarkan varian printer yang menyusahkan kita dalam memasang cartridge, karena harus klik terjepit. Penjepit itulah yang menurut kami menjadikannya tidak hemat.
Kelebihan pertama dari printer jenis ini adalah kecanggihannya dalam "mendiskripsikan" keberadaan cartridge. Hanya dengan satu cartridge printer sudah bisa mencetak, bahkan ketika semua cartridge tidak terdeteksi/ dianggap tidak ada -pun printer ini masih dapat melakukan tugasnya dalam mencetak naskah, hanya pada keadaan tersebut printer tidak bisa melakukan pen-scanan. Kelebihan yang kedua adalah tinta orisinilnya (cartridge) yang harganya makin murah. Kemudian yang ketiga, mudahnya diisi ulang/ refill. Keempat, suaranya lebih "quiet" dibandingkan kompetitornya. Kelimaharganya lebih murah dibandingkan kompetitornya. Keenam, tidak mudah/ sering mengeluarkan pesan error. Ketujuh, lebih halus hasil text dan gambar yang dihasilkan, dan Kedelapan, lebih cepat ketika melakukan pencetakan.
Kekurangan/ disadvantage. Pertama, rakus akan memori sehingga terkadang users akan merasa ada kerusakan pada printer ini karena lama  setelah perintah pencetakan ditekan tidak bisa langsung mencetak. Untuk itu komputer harus di restart terlebih dahulu. Kedua, jika diisi refill sering ada salah satu warna yang tidak mau keluar. Ketiga, biasanya menggunakan adaptor yang terpisah dengan printernya, kecuali yang terbaru (seri terbaru).

NOTE/ CATATAN PENULIS:
Review adalah sebuah catatan subjektif, namun kami paparkan seobjektif mungkin. Kami mereview dua buah merk tersebut hanyalah sebagai catatan pribadi semata karena kami menggunakan dua buah produk printer tersebut untuk keperluan pribadi.
Kami menggunakan keduanya karena masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing yang bisa saling menutupi. Apabila salah satu dari printer kami ngadat/ dalam perbaikan maka kami gunakan salah satu yang sedang fit/ siap untuk dipergunakan.

 TIADA GADING YANG TAK RETAK 

Tidak ada komentar:

INGIN BEKERJA DI KAPAL IKAN JEPANG ATAU KAPAL PESIAR ? SMS/PHONE: 085214977579