HATI-HATI PERLAKUKAN PRINTER

Sobat Bina Pratama,

Printer adalah sahabat kita. Kita selalu membutuhkannya ketika ingin mengeprint sesuatu yang telah kita buat sebelumnya di komputer (PC/ Laptop/Camdig, dll). Namun demikian, kita seringkali salah dalam memberikan perhatian terhadap printer kita tersebut. Bahkan ada yang tidak mempedulikannya, kecuali ketika benda yang sudah menjadi sahabat kita tersebut "ngadat".
Bagaimana cara yang benar memperlakukannya? Tentu dengan memberikan perhatian yang cukup terhadapnya. Seperti kita ketahui bersama, darah printer adalah tinta atau toner (jika laser system). Kita harus memberinya darah yang cukup baik untuk makanan printer kita. Kita harus memberinya tinta yang baik dan cukup ketika haus. Bagaimanakah tinta yang baik itu?
Tinta yang baik adalah tinta yang dapat diserap dengan printer tanpa mengganggunya. Tidak menjadikannya ngadat, dan mampu menjadikannya riang gembira ketika melakukan pencetakan. Anda harus membuat serangkaian eksperimen dalam hal ini. Caranya berikan tinta yang satu, yaitu satu merk dan tidak mengganti-gantinya.
Selain hal tersebut, printer harus selalu kita jaga kebersihannya. Minimal jika kita menyapu lantai maka kita haus menggunakan bulu-bulu atau kemoceng untuk membersihkan tubuhnya aga tampak mulus dan menggairahkan (hehe...). Kalau perlu kita beribaju dan selimut bila malam tiba dan sudah tidak ada aktifitas lagi...(hihi, sebegitu amat sih!). Memang kalau kita mencintai apa yang kita miliki maka akan awetlah dia menemani kegiatan kita sehari-hari.
Berikut tips memelihara printer yang sehat dan bertanggung jawab:
1.  Bersihkan dengan kemoceng setiap hari sehabis mandi pagi (weleh...), sehabis menyapu lantai;
2.  Bersihkan bagian belakang printer inkjet dibagian "metal" pada katridge dan juga bagian rumah katridge sehabis menyuntiknya dengan tinta.
3.  Jika tinta anda telah diinfus, maka pastikan tidak ada tinta yang meleleh ngiler disela-sela selang infusnya.
4.  Bersihkan katridge dengan tissue.
5.  Gunakan tinta yang sama setiap anda mengganti infus atau menyuntiknya dengan refill tinta anda.
6.  Jangan mencabut kabel dari jaringan listrik yang anda gunakan untuk memberi nyawa printer anda;
7.  Kalau perlu jangan mematikan tombol printer anda. Printer akan lebih awet tetap dinyalakan walaupun tidak dipergunakan, kecuali printer jenis laser yang biasanya membutuhkan watt listrik lebih banyak.

Demikian sobat, cara merawat printer yang kami sarankan.
Jika saran saya ini salah, mohon dibetulkan dan jika betul mohon jangan disalahkan (hehe...). Kurang dan lebihnya mohon diambil kembali.

Salam mesra,
LKP Bina Pratama Pemalang
Jawa Tengah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TO ALL STUDENT OF IKIP PGRI SEMARANG

Mengambil manfaat google maps

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PRINTER CANON DAN HP